Nama : surya pakom
hadinata
Kelas : 3EA04
NPM : 16210747
Pentingnya
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah cara yang efektif untuk meningkatkan efektivitas
pemasaran Anda, dibandingkan jika Anda melakukan pemasasaran dengan cara yang
sama untuk seluruh target pasar Anda.
Menggunakan
contoh sampo X di atas, produsen sampo tersebut harus mengeluarkan biaya lebih
untuk menghasilkan tiga versi berbeda dari iklan untuk produk yang sama, yang
mungkin akan berimbas pada pengurangan jumlah tayang iklan pada majalah untuk
tetap menghemat anggaran. Namun dengan menghasilkan satu gambar yang menarik
untuk fashion berorientasi wanita yang ingin mempunyai rambut indah untuk
mereka sendiri, atau untuk ibu yang ingin anaknya menjadi sehat dan bersih,
serta untuk pria yang ingin terlihat tampan, Anda jauh lebih memiliki
kesempatan untuk membujuk masing-masing kelompok bahwa produk Anda akan
memenuhi kebutuhan mereka.
Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Dengan
Lebih Baik
Anda
dapat memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dengan segmentasi pasar. Meskipun
Anda sedang menjual produk dasar yang sama untuk semua segmen, Anda dapat
mengembangkan paket add-on produk dan layanan untuk setiap kelompok yang
berbeda.
Anda
juga dapat mempertimbangkan strategi untuk segmen pasar Anda. Ketika Anda telah
memutuskan bagaimana segmen pasar mana yang Anda inginkan, maka Anda dapat
merancang strategi pemasaran yang tepat untuk setiap segmen.
Contoh Segmen Pasar
Segmen
pasar harus selalu berbeda satu sama lain namun orang-orang dalam setiap segmen
harus sama dengan cara yang relevan.
Sebagai
contoh misalnya user gaming computer (komputer-permainan)
dan desainer grafis. Pengguna komputer untuk bermain game ingin membeli
komputer dengan dengan kemampuan grafis berkualitas tinggi dan waktu proses
cepat. Sedangkan desainer grafis, di satu sisi akan mencari sebuah mesin yang
dapat menangani file grafis besar dan membiarkan mereka beralih dari satu
aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat.
Pada
kenyataannya, kebutuhan mereka dapat dipenuhi oleh produk yang sama. Tetapi
karena Anda selalu harus fokus pada manfaat daripada fitur ketika mempromosikan
produk. Kedua kelompok harus diperlakukan sebagai segmen pasar yang berbeda.
Anda akan menekankan kemampuan gaming computer untuk satu kelompok, dan
kemampuan grafis desain untuk kelompok lainnya.
Ini
adalah dasar untuk segmentasi, karena tiap individu pada masing-masing kelompok
akan memiliki kebutuhan yang sama.
Menentukan Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar sebagai landasan untuk menentukan strategi marketing harus memiliki
kriteria sebagai berikut:
- Mudah Diakses
Dapatkah Anda mencapai segmen melalui biaya komunikasi yang
efektif dan praktis termasuk alur distribusi?
- Terukur
Dapatkah Anda memperkirakan ukuran segmen sehingga Anda
dapat mengalokasikan sesuai anggaran pemasaran?
- Substansial
Apakah segmentasinya besar dan cukup tahan lama untuk
membenarkan kegiatan pemasaran sendiri?
- Layak
Dapatkah orang-orang dalam segmen membeli produk Anda dan
mereka melihat keuntungan yang jelas dan diinginkan dibandingkan dengan produk
lainnya atau jasa?
Segmen
yang mewakili proporsi kecil dari pasar secara keseluruhan dikenal sebagai
ceruk pasar (niche market). Niche pemasaran ini umumnya paling efektif ketika
harga produk sangat tinggi atau ketika pasar sangat besar. Di niche market
dengan pasar yang sangat besar ini, segmen yang mewakili hanya 2% dari total
pasar mungkin cukup besar untuk mempertahankan bisnis.
Dasar Umum Segmentasi Pasar
Ada
empat dasar umum untuk segmentasi pasar Anda:
- Geografis: oleh negara, atau wilayah.
- Demografi: pada usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan sebagainya.
- Psikografis : dengan gaya hidup, nilai, kepentingan, dan sebagainya.
- Perilaku: Apa yang Anda menggunakan produk untuk, loyalitas merek, manfaat yang Anda cari dari produk, dan sebagainya.
Melihat
kembali contoh sampo X, kita dapat melihat bahwa pemasar yang menempatkan tiga
iklan sebagian segmentasi berdasarkan demografi gender (ada satu ditujukan
untuk pria dan dua pada perempuan), dan sebagian berdasarkan psikografis
kepentingan (pribadi kecantikan sebagai lawan kebersihan keluarga dan
kesehatan).
Produsen
juga melakukan dua segmentasi sekaligus karena produsen hampir pasti ingin
membuat iklan yang berbeda untuk negara-negara Asia dan Eropa, yang menampilkan
orang-orang Asia dan Eropa asli, tapi juga ingin iklan terpisah untuk sub-segmen
laki-laki dan perempuan dari target pasar dalam setiap segmen geografis.
Poin Kunci:
- Segmentasi pasar adalah membagi target market Anda ke dalam beberapa group dimana masing-masing bagian di dalam group ini akan merespon produk/jasa Anda dengan cara yang hampir sama.
- Segmentasi pasar konsumen adalah berdasarkan geografi, demografi, faktor psikografis dan perilaku.
- Agar bermanfaat, segmen pasar harus dapat diakses, terukur, substansial dan layak.
- Segmentasi pasar bertujuan untuk membuat pemasaran Anda lebih efektif, dan juga dapat membantu Anda melayani kebutuhan pelanggan Anda lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar